Sekda Hadiri Peringatan Hari Lansia

   
Berita/News    2022-06-03  12:24:51

gambar

Bertempat di halaman Gereja Ebenhaezer Tarus Barat,Kecamatan Kupang Tengah, Kamis 2 Juni 2022, telah berlangsung peringatan Hari Lansia dibuka oleh Sekda Kab Kupang, Obet Laha, didampingi oleh kepala Puskesmas Tarus. Sekda dalam sambutannya mengatakan saat ini Pemerintah kab Kupang melalui BPJS juga telah mempunyai program yaitu Pengelolaan Penyakit Kronis. Atau yang dikenal dengan nama “PROLANIS” program ini menfasilitasi pemeriksaan kesehatan rutin bagi para pengidap penyakit Kronis. Pengobatan ini kata Sekda gratis dan dapat diakses oleh semua kalangan khususnya kaum Lansia,sesuai dengan komitmen awal, Pemerintah tetap harus memberikan pelayanan kesehatan tanpa batas dan sekat.

Sekda, Obet Laha mengajak semua pihak, secara bersama mengupayakan semakin banyak lansia di Kab Kupang yang hidup sehat dan bugar dihari lanjut mereka. Melakukan vaksinasi lengkap salah satu kunci hidup sehat.Ia mengajak “ Mari Ciptakan Masyarakat Kab Kupang yang Sehat, Masyarakat yang Mumpuni, yang Maju, dan Sejahtera”

Acara diawali dengan pemberian Vaksin bagi lansia, mereka juga diedukasi oleh Tim dari Dinas Kesehatan Kab Kupang untuk memperoleh informasi – informasi penting terkait vaksin kesehatan, sehingga para lansia tidak ragu untuk di Vaksin. Menurut salah seorang dari Desa Oelnasi, Kasmir Gigi usia 57 tahun , mengakui bahwa kegiatan ini dapat membuka pikiran para lansia untuk lebih peduli akan pentingnya kesehatan dan pola hidup sehat, diusia yang lanjut. Kata Kasmir bisa lebih waspada terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi, tetap aktif bergerak dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan terutama melakukan vaksinasi.

lansia dengan antusias mengikuti vaksin yang diselenggarakan oleh Puskesmas Tarus, ini bukti bahwa lansia – lansia ini siap divaksin baik dosis pertama, kedua, dan ketiga. Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama Yayasan Jalin Komunikasi Indonesia ( Jalin Foundation ) sebagai Mitra Pelaksana Lokal ( Implementasi Agensi ) dari John Hop Kins Center For Communication ( JHCCP ) bekerja sama dengan Direktorat Promosi Kesehatan ( PROMKES ) dari Kementerian Kesehatan.

Sumber : Dinas Kominfo Kab. Kupang