Pemkab Kupang Gelar Halal Bihalal

   
Berita/News    2022-05-31  13:08:53

gambar

Bertempat di Aula Kantor Bupati Kupang Senin 30 Mei 2022, telah berlangsung Halal Bihalal, lingkup Pemerintah Kabupaten Kupang, Halal Bihalal dihadiri langsung oleh Bupati Kupang, Korinus Masneno didampingi oleh Staf Ahli Bupati Kupang, Wakapolres Kupang Trijoko Biyantoro S.Sos, Ketua FKUB Pdt Yunus Kaetulang S.Th, Ketua MUI Kab Kupang, Jamaludin SP. Para pimpinan OPD Lingkup Pemkab Kupang, ASN yang beragama Muslim serta perwakilan masyarakat penerima sedekah.

Bupati Korinus, dalam sambutannya menyatakan bahwa rasa percayanya akan selalu sama dari tahun ke tahun bagi umat muslim di Kab Kupang ‘‘mari kita jaga spirit kemajemukan dan pupuk Integritas setiap pribadi kita untuk melanggengkan Pancasila sebagai dasar Negara’’ tegasnya . Korinus Masneno melanjutkan Kab Kupang merupakan daerah terbuka dan bebas melakukan Ibadahnya tanpa ada batasan dan tekanan apapun yang juga merupakan daerah dengan nilai toleransinya bisa dijadikan contoh bagi daerah lainnya . untuk itu Bupati mengajak semua Umat Muslim untuk menjaga iklim yang kondusif ini tidak hanya itu, Umat non Muslim lainnya diimbau untuk terus menjaga semangat persaudaraan antar sesama umat beragama.

Bupati Masneno menegaskan bahwa toleransi harus bisa diimplementasikan, bukan hanya diucapkan , mari kita rawat dan kembangkan semangat kedamaian serta keakraban di Kab Kupang. kita harus berkomitmmen untuk memaksimalkan kualitas hidup kita masing – masing tanpa adanya intimidasi dan sikap intoleran. Bupati juga menegaskan agar semua informasi keagamaan yang diterima adalah informasi yang bisa dipertanggungjawabkan , hindari imasifnya penyebaran hoax.jika dilakukan dengan seksama, maka dirinya memastikan Indonesia akan terus maju dan berkembang dengan prinsip Kebhinekaannya dan NTT akan semakin bertumbuh antar umat beragama , jangan jadikan acara ini sebagai simbol karena rutinitas, tapi maknai tujuan dibalik ini sebagai tujuan merekat tali persaudaran demi membangun kab Kupang yang semakin maju, mandiri dan sejahtera.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Halal Bihalal merupakan momentum bagi umat Islam dalam meraih kemenangan besar dalam melawan hawa napsu selama sebulan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas Ketakwaan kepada Tuhan serta dapat mempertinggi sikap mental dan pengabdian dalam rangka turut mensukseskan pembangunan Nasional khususnya pembangunan di Kab Kupang. Halal Bihalal juga bertujuan untuk membentuk dan membangkitkan tali silaturahmi serta memelihara solidaritas persatuan dan kesatuan. Acara Halal Bihalal ditandai dengan pemberian sedekah kepada 12 orang muslim yang ada di 12 Kecamatan.

Sumber : Dinas Kominfo Kab. Kupang